Pengabdian Tim KKN 1 Universitas Diponegoro  2023/2024 di Desa Beluk

Kuliah kerja nyata atau yang sering disingkat sebagai KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa, termasuk mahasiswa dari Universitas Diponegoro, Semarang. Pada 5 Januari 2024, mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan KKN yang disebar dalam beberapa kelompok untuk melakukan pengabdian pada masyarakat, tentu dalam kelompok tersebut berisi mahasiswa dengan rumpun ilmu yang berbeda.

Penerimaan mahasiswa KKN dilakukan di Balai Desa Beluk pada tanggal 7 Januari 2024 dimana acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Beluk, Perangkat Desa, Anggota BPD dan tokoh desa. Acara ini bertujuan untuk menyampaikan maksud dari kegiatan KKN yang dilakukan juga perkenalan tim KKN. 

Tim KKN Desa Beluk yang berjumlah 8 mahasiswa berencana membawa 16 program kerja monodisiplin dan 2 program kerja multidisiplin. Tim KKN yang berasal dari beragam keilmuan yaitu, akuntansi, teknik mesin, teknik elektro, manajemen dan administrasi logistik, sastra inggris, arsitektur dan agroekoteknologi. Dari berbagai jenis keilmuan ini merancang program monodisiplin berdasarkan keahlian yang dimiliki dan pelajaran yang sudah didapatkan selama 3 tahun. Sementara, multidisiplin merupakan program kerja kolaborasi antar keahlian. Beberapa program monodisiplin yang sudah dilakukan seperti pembuatan pupuk organik cair menggunakan limbah kulit nanas, pemasangan lampu menggunakan tenaga panel surya, dan juga beberapa kegiatan pengajaran yang dilakukan di SD yang ada di Desa Beluk. Sementara, untuk program multidisiplin yang sudah dilakukan adalah Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa yang dilakukan di SMP 1 Islam Belik, dimana diharapkan melalui program tersebut dapat melatih siswa mengenai wawasan tentang kepemimpinan sosial dan peran pemimpin dalam memajukan masyarakat.

Kegiatan KKN akan berlangsung selama 35 hari yang dihitung dari 5 Januari 2024 sampai 10 Februari 2024. Diharapkan melalui kegiatan ini, masyarakat di Desa Beluk dapat terbantu oleh kehadiran mahasiswa. 

English Translation

KKN Team 1 Universitas Diponegoro 2023/2024 Service in Beluk Village

Kuliah kerja nyata or what is usually called as KKN is a community service activity done by university students, including the students from Diponegoro University, Semarang. On January 5, 2024, students from different major specializations were placed in several parts of Central Java.

On January 7, 2024, the ceremonial acceptance of KKN students took place in Balai Desa Beluk. The village chief, village authorities, BPD, and several other community members were present. The event served as an introduction to the team and a means of communicating KKN’s objectives. 

The KKN team is planned to bring out 16 mono-discipline programs and 2 multi-discipline programs. The team who came from different majors, which are accounting, mechanical engineering, electrical engineering, logistic management and administration, english literature, architecture, and agrobiotechnology have planned on programs that fits on the specialties that each one has and the three years education. Meanwhile, multi-discipline is a collaboration of these majors. Some of the programs that have been done include the production of liquid organic fertilizer using pineapple peel waste, installation of lights using solar panels, and several teaching activities conducted in the elementary schools in Beluk. In the meanwhile, SMP 1 Islam Belik has been the site of a multidisciplinary program called Basic Leadership Training for Students. It is intended that students would gain knowledge of social leadership and how leaders contribute to the development of society through this event.

The duration of this KKN activity is 35 days, starting on January 5, 2023, and ending on February 10, 2024.It is intended that by getting involved with this program, university students’ presence will benefit the society in Beluk village.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*