UHC (Universal Health Coverage) Program UHC memberikan kepastian pembiayaan perawatan kelas 3 bagi warga Pemalang UHC digunakan pada pelayanan rawat inap apabila pasien tidak mempunyai jaminan kesehatan (BPJS/KIS)

PEMALANG – Agar program Universal Health Coverage (UHC) dapat menjangkau seluruh masyarakat Pemalang, Bupati memastikan kesiapan Rumah Sakit dan Puskesmas yang berada di seluruh Kabupaten Pemalang.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat memastikan kesiapan unit pelayanan kesehatan tersebut saat Rapat Executive Meeting Persiapan UHC Kabupaten Pemalang Tahun 2024 di Ruang Gadri Kantor Bupati Pemalang, Senin (11/12/2023).

“Semua rumah sakit yang ada di Kabupaten Pemalang dan semua puskesmas di Kabupaten Pemalang utamakan pelayanan dan pelayanan,” tambahnya.

Mansur menyampaikan bahwa saat ini kesehatan adalah salah satu indikator pembangunan manusia.

“Hari ini dirapatkan Kabupaten Pemalang agar di Tahun 2025 warga masyarakat khususnya warga yang tidak mampu ketika sakit tidak bingung,” jelasnya.

Mansur mengatakan bahwa jika ke rumah sakit, tinggal menunjukkan KTP Pemalang sudah langsung dilayani. Yang kedua permasalahan BPJS, apabila orang menggunakan BPJS dengan orang yang melakukan pembayaran cash itu sampai sekarang masih dibedakan.

Mansur menginginkan bahwa pelayanan BPJS yang membedakan-bedakan itu tidak dimunculkan di Pemalang. “Silahkan semua menggunakan fasilitas yang ada, pelayanannya sama jangan dibeda-bedakan,” tegasnya.

Mansur berharap, dengan adanya UHC ini di Tahun 2024 nanti warga masyarakat khususnya yang tidak mampu sudah tenang hatinya dan dilayani dengan baik.

Sementara itu, Kepala BPJS cabang Pekalongan Sri Mugirahayu menjelaskan bahwa UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Dalam kesempatan itu, Ia melaporkan kondisi perkembangan UHC Kabupaten Pemalang sesuai dengan regulasi yang sudah dicanangkan oleh pemerintah saat ini sudah terlaksana dengan cukup baik.

Mugirahayu memaparkan untuk per 1 Desember 2023 Pemalang berada di posisi 97,45 persen dari jumlah penduduk yang terdaftar sekitar 1,5 juta, kemudian status keaktifan sudah 75,39 persen dimana untuk angka nasional cakupannya mencapai 95 persen dan untuk Jawa Tengah sendiri ada di angka 94,05 persen.

“Jadi dari ranking cakupan UHC maka Kabupaten Pemalang ada di urutan 14, kemudian untuk urutan UHC Kabupaten Pemalang ada di urutan 24,” tuturnya.

Hadir dalam acara Sekda Kabupaten Pemalang Heriyanto, Kepala OPD terkait, Kepala BPJS cabang Pemalang, Kepala Rumah Sakit dan Kepala Puskesmas se Kabupaten Pemalang.

Berita ini disadur dari website Pemda Pemalang www.pemalangkab.go.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*